telekomunikasi

Written by blog_electrical engineering on Kamis, 29 Mei 2008 at 02.47

Refleksi Sektor Telekomunikasi

Sektor telekomunikasi banyak mempengaruhi pola interaksi di segala aspek, baik ekonomi, politik, sosial, maupun budaya. Di lain pihak, tantangan telekomunikasi ke depan semakin besar. Salah satu tantangan tersebut adalah kemampuan untuk mengikuti perkembangan sektor telekomunikasi serta pemanfaatannya berdasarkan daya dukung regulasi, potensi bisnis, dan tingkat kemampuan pemecahan permasalahan.

Pentingnya infrastruktur telekomunikasi ini dapat dilihat dari indikator makro. Selain itu, peningkatan daya saing nasional ini sangat tergantung pada beberapa hal, di antaranya keberhasilan pembangunan infrastruktur telekomunikasi. Secara konvensional, pembangunan infrastruktur telekomunikasi dapat diukur berdasarkan teledensitas. Di Indonesia sendiri, teledensitas masih berada pada kondisi yang sangat memprihatinkan dibandingkan negara-negara tetangga. Dengan demikian, sangat beralasan jika akhir-akhir ini pemerintah terus melakukan percepatan yang sangat signifikan di bidang pembangunan infrastruktur telekomunikasi bersama seluruh stake holders terkait, mulai dari Proyek Palapa Ring hingga program USO yang terpaksa akan diulang kembali karena gagal tender.

Bila melihat lebih jauh, sebenarnya banyak program pembangunan infrastruktur telekomunikasi yang telah dilakukan oleh kalangan industri telekomunikasi, vendor, pemda, bahkan perguruan tinggi. Bagi pemerintah, pedomannya sudah jelas yaitu UU No. 36/1999 tentang Telekomunikasi yang pada intinya mengedepankan sektor swasta untuk menjadi pelaku usaha (investasi dan operasi) berdasarkan prinsip anti monopoli dan menempatkan posisi pemerintah sebagai pengambil kebijakan dan regulator. Pemerintah pun mereferensi beberapa peraturan perundang-undangan lainnya yang terkait.

Pemerintah sendiri menilai kinerja di sektor telekomunikasi sudah tergolong baik bila melihat pada beberapa indikator, seperti iklim kompetisi penyelenggaraan telekomunikasi yang berlangsung dan animo investor pada infrastruktur telekomunikasi baik asing maupun domestik. Selain itu, kinerja saham operator telekomunikasi di bursa saham pun merupakan saham blue chip.

Berkaca pada indikator yang ada tersebut, pertumbuhan pelanggan (khususnya seluler) cukup tinggi dan kontribusi sektor terhadap penyerapan tenaga kerja, multiplier effect ekonomi juga bagus. Kendati demikian, terdapat beberapa indikasi keadaan yang belum berjalan secara optimal, antara lain pembangunan telekomunikasi yang masih terkonsentrasi di kota-kota besar, animo investor yang cukup besar tersebut lebih bersifat short term project (cream skimming), peranan industri manufaktur dalam negeri yang masih sangat terbatas dan sebagian besar masih didominasi perangkat impor.

Permasalahan telekomunikasi pun juga dihadang oleh benturan permasalahan antara kalangan industri dengan beberapa Pemda. Di luar itu semua, operator hanya berkompetisi untuk memberikan layanan terbaik untuk kepuasan pelanggannya, salah satunya dengan mengimplementasikan jaringan NGN (next generation network).

Berkaca pada fenomena yang ada, perkembangan sektor telekomunikasi yang begitu cepat dan tidak bisa dihindari ini pada dasarnya merupakan berkah dan memunculkan masalah yang harus diatasi bersama. Pemerintah memang harus terus mendorong segenap stake holder telekomunikasi nasional menyikapi hal ini. Pemerintah sebagai regulator pun harus terus berperan menyusun regulasi untuk mengantisipasi perselisihan antar operator agar tercipta persaingan yang kondusif, baik bagi operator yang telah ada maupun operator baru.

Hal yang terpenting dalam menghadapi era ini adalah bagaimana menghadapi perubahan sehingga kehadiran teknologi baru di bidang telekomunikasi dan pemanfaatannya di masa datang dapat memberikan manfaat yang maksimal. Selain itu, kemajuan di bidang telekomunikasi, tentunya harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mencapai peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Widia Yurnalis

0 Responses to "telekomunikasi"

About the author

This is the area where you will put in information about who you are, your experience blogging, and what your blog is about. You aren't limited, however, to just putting a biography. You can put whatever you please.