Satu Abad Setelah Kebangkitan

Written by blog_electrical engineering on Kamis, 29 Mei 2008 at 02.43

Satu Abad Setelah Kebangkitan

Sejarah kebangkitan dan perjuangan bangsa Indonesia panjang dan berliku. Awal mula semangat kebangkitan muncul seratus tahun lalu dari gagasan seorang dokter bernama Wahidin Sudirohusodo. Kepada para pemuda mahasiswa sekolah kedokteran Stovia di Batavia, dia membawa ide mendirikan sebuah organisasi bernama Budi Utomo.

Tahun dan dekade silih berganti. Indonesia perlahan makin mantap menemukan identitas bangsa. Rasa nasionalisme dan kebangsaan pun muncul dari segenap warga Indonesia, termasuk mereka yang memilih berkarya di luar negeri. Salah satunya Natalia Perangin-angin. Dia adalah lulusan teknik lingkungan Institut Teknologi Bandung yang mendapat gelar doktor dari Universitas Cornell, New York, Amerika Serikat. Kini Natalia bekerja sebagai peneliti senior di sebuah perusahaan agrokimia internasional di negara bagian North Carolina, AS.

Bagi mereka berkarya di luar negeri adalah satu pilihan. Namun mereka mengaku pilihan karir bukan berarti melunturkan rasa kebangsaan dan nasionalisme. "Saya pernah dapat tawaran untuk jadi warga negara AS tapi saya jawab tidak, karena negara saya tetap Indonesia, kata Natalia.

Di dalam negeri ada Edward Hutabarat. Sebagai perancang busana bisa jadi ia dianggap kepala batu. Saat orang lain tak tertarik dengan pakaian nasional, pria yang biasa dipanggil Edo justru terus mencipta rancangan batik.

Tahun 90-an Edo sempat menghilang dan tiba-tiba muncul dengan rancangan batik yang kini menjadi tren di kalangan anak muda. Menurut Edo, fashion adalah gaya hidup. Batik, kata Edo, bisa menjadi kekuatan Indonesia di dunia. "Batik harus menjadi identitas bangsa dan sumber daya manusia,"kata dia.

Selain Edo, ada juga Andrea Hirata. Novelnya yang berjudul Laskar Pelangi menginspirasi banyak orang untuk tetap optimistis di tengah kesulitan. Laskar Pelangi dianggap mewakili mimpi anak Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang baik.

Namun, seratus tahun setelah kebangkitan nasional muncul kecemasan baru. Politik identitas kembali menguat. Orang-orang kembali menggali identitas agama atau sukunya. Selain politik identitas ketimpangan sosial adalah masalah lain yang juga muncul. Inilah dua problem yang mengancam kita sebagai sebuah bangsa. Bagimana sebenarnya rasa nasionalisme dan kebangsaan bisa bangkit kembali. Simak selengkapnya dalam video Topik Minggu Ini edisi 21 Mei 2008.

0 Responses to "Satu Abad Setelah Kebangkitan"

About the author

This is the area where you will put in information about who you are, your experience blogging, and what your blog is about. You aren't limited, however, to just putting a biography. You can put whatever you please.